Media Bloomberg: Inilah Pilihan Jokowi untuk Pertahankan Kekuasaan

Politik  

3. Jokowi Mendukung Sekutu untuk Presiden

Jika Jokowi meninggalkan jabatan politik untuk selamanya, langkah selanjutnya adalah mendukung sekutu yang bisa melihat melalui visinya. Orang tersebut harus berkomitmen pada tujuan yang sama seperti membangun ibu kota baru.

Jokowi telah menunjukkan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan keduanya telah terlihat di beberapa acara bersama. Pranowo berada di posisi kedua setelah Prabowo dalam jajak pendapat dan dipandang memiliki pendekatan pragmatis dan personal yang serupa untuk memerintah seperti Jokowi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Dia memiliki pengalaman teknokrat-birokrat karena dia adalah seorang gubernur daerah,” kata D. Nicky Fahrizal, seorang peneliti di Pusat Studi Strategis dan Internasional yang berbasis di Jakarta. “Dan ada kesamaan dalam gaya kepemimpinan dan komunikasi.”

Pranowo juga anggota PDI-P, dan dia akan membutuhkan dukungan Soekarnoputri untuk bertarung. Dan ada kemungkinan ini tidak akan terjadi. Dalam pertemuan partai pada bulan Juni, dia dengan tegas memperingatkan anggotanya untuk melakukan manuver politik tanpa restunya dan jika mereka tertangkap, pengusiran akan segera terjadi.

4. Menunda Pemilu 2024

Beberapa pemimpin politik telah secara terbuka mengusulkan penundaan pemilihan 2024 selama tiga tahun untuk kesinambungan kebijakan. Sementara tanggal pemilihan berikutnya telah diumumkan dan politisi sedang membangun peti perang kampanye mereka, spekulasi belum berhenti mengenai prospek penundaan.

Sejak jatuhnya Suharto pada tahun 1998, pemilihan umum belum ditunda dan sebagian besar komentator politik telah mengabaikan hal ini terjadi.

“Ini sangat tidak mungkin kecuali para elit politik yang bertekad menunda pemilu menciptakan kekacauan atau konflik sosial melalui operasi intelijen,” kata Harymurti. “Tetapi masyarakat Indonesia sekarang tidak mungkin terpengaruh seperti masa lalu.”

sumber: https://www.bloomberg.com/news/articles/2022-09-22/jokowi-s-options-for-retaining-power-after-indonesia-term-ends?srnd=premium-asia

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image