Dari Mana Asal Persenjataan Hamas yang membuat Israel kelimpungan?

Politik  

Apalagi serangan yang diluncurkan dari daerah kantong Gaza yang dikuasai Hamas itu berasal dari wilayah yang sangat kecil dan diawasi ketat secara 24 jam. Namun layaknya benalu yang menggeroti pohon yang menjadi inangnya, wilayah ini selalu memberi ancaman.

Hal itu karena menempel pada wilayah Israel. Ini karena wilayah Gaza yang berada di pesisir laut Mediterania seluas 140 mil persegi (360 kilometer persegi), satu sisi wilayahnya berbatasan dengan Israel dan satu sisi lagi lainnya berbatasan dengan Mesir.

Posisi Israel yang terjepit di Timur Tengah jelas sangat tidak nyaman. Apalagi Mesir bisa dalam seketika dapat berubah menjadi negara ancaman bagi Israel juga. Ingat Mesir pernah berperangan dengan Israel dengan sangat serius. Kalau sekarang Mesir jinak kepada Israel hal itu karena eksistensi penguasa rezimnya butuh dukungan Amerika Serikat. Dalam hal ini ada pomeo kalau Israel ingin damai maka harus rangkul Mesir, kalau ingin perang maka harus seret Suriah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Daerah Gaza ini pun miskin, padat penduduk, dan memiliki sedikit sumber daya. Masyarakatnya sehari-hari hidup dalam tembok. Di awasi dari udara melalui satelit dan dikontrol keamananya dengan drone. Serangan roket dari pesawat tempur canggih Israel bisa terjadi setiap saat. Gaza seperti penjara raksasa! Lebih dari besar penjara Amerika di Guantanamo yang berada di teluk Kuba.

Dan wilayah ini hampir sepenuhnya terputus dari dunia luar selama hampir 17 tahun, ketika Hamas mengambil alih kekuasaan, sehingga mendorong Israel dan Mesir untuk melakukan pengepungan ketat terhadap wilayah tersebut, yang hingga saat ini masih berlangsung.

Israel juga mempertahankan blokade udara dan laut di Gaza serta melakukan serangkaian pengawasan.

Hal ini inikah yang menimbulkan pertanyaan serius itu kembali: Bagaimana Hamas mengumpulkan persenjataan dalam jumlah besar yang memungkinkan kelompok tersebut melakukan serangan terkoordinasi yang telah menyebabkan lebih dari 1.200 orang tewas di Israel dan ribuan lainnya terluka – sambil terus menembakkan roket ke Israel?

Jawabannya, menurut para ahli, adalah melalui kombinasi tipu muslihat, improvisasi, kegigihan, dan dermawan penting dari luar negeri.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image