Dari Mana Asal Persenjataan Hamas yang membuat Israel kelimpungan?

Politik  

Tentu saja semua itu tidak terjadi dalam semalam.

Untuk menembakkan amunisi sebanyak yang mereka lakukan pada hari Sabtu dalam jangka waktu yang singkat berarti Hamas telah membangun persenjataannya, baik melalui penyelundupan maupun manufaktur, dalam jangka panjang, kata Aaron Pilkington, seorang analis Angkatan Udara AS untuk urusan Timur Tengah dan Israel. Kandidat PhD di Universitas Denver.

Baraka, pejabat Hamas di Lebanon, mengatakan kelompok militan tersebut telah mempersiapkan serangan akhir pekan lalu selama dua tahun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dia tidak menyebutkan keterlibatan pihak luar dalam perencanaan serangan tersebut, dan hanya mengatakan dalam laporan media Rusia bahwa sekutu Hamas “mendukung kami dengan senjata dan uang. Yang pertama dan terpenting, Iranlah yang memberi kami uang dan senjata.”

Para analis juga mengatakan besarnya dan cakupan serangan Hamas terhadap Israel membuat mereka – serta badan intelijen Israel dan negara-negara lain – lengah.

“Penting untuk diingat bahwa menembakkan sejumlah roket sebenarnya sangat mudah,” kata Pilkington.

“Apa yang mengejutkan, adalah bagaimana Anda bisa menimbun, memindahkan, menyiapkan, dan menembakkan ribuan roket sambil menghindari intelijen Israel, Mesir, Saudi, dll. Sulit untuk melihat bagaimana militan Palestina bisa melakukan hal ini tanpa Iran panduan."

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image