Dari Mana Asal Persenjataan Hamas yang membuat Israel kelimpungan?

Politik  

Mendaur ulang

Untuk item yang lebih besar, Lister MEI mengatakan Korps Garda Revolusi Islam Iran, sebuah cabang militer Iran yang bertanggung jawab langsung kepada pemimpin tertinggi negara itu, telah memberikan pelatihan senjata kepada para insinyur Hamas selama hampir dua dekade.

“Bertahun-tahun memiliki akses terhadap sistem yang lebih maju telah memberikan para insinyur Hamas pengetahuan yang diperlukan untuk secara signifikan meningkatkan kapasitas produksi dalam negerinya,” kata Lister.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dan Teheran terus memperbarui pelatihan para pembuat senjata Hamas, tambahnya.

“Para insinyur roket dan rudal Hamas adalah bagian dari jaringan regional Iran, sehingga seringnya pelatihan dan pertukaran di Iran sendiri merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya Iran untuk memprofesionalkan pasukan proksinya di seluruh wilayah,” kata Lister.

Namun cara Hamas mendapatkan bahan mentah untuk senjata buatan dalam negeri juga menunjukkan kecerdikan dan kecerdikan kelompok tersebut.

Gaza tidak memiliki industri berat yang dapat mendukung produksi senjata di sebagian besar dunia. Menurut CIA Factbook, industri utamanya adalah tekstil, pengolahan makanan, dan furnitur.

Namun ekspor utamanya adalah besi tua, yang dapat menjadi bahan pembuatan senjata di jaringan terowongan di bawah wilayah kantong tersebut.

Dan logam tersebut dalam banyak kasus berasal dari pertempuran destruktif sebelumnya di Gaza, menurut Ahmed Fouad Alkhatib, yang menulis tentang logam tersebut untuk Forum Fikra di Washington Institute for Near East Policy pada tahun 2021.

Ketika infrastruktur Gaza hancur akibat serangan udara Israel, apa yang tersisa – lembaran logam dan pipa logam, besi baja, kabel listrik – telah masuk ke bengkel senjata Hamas, muncul dalam bentuk tabung roket atau alat peledak lainnya, tulisnya.

Mendaur ulang amunisi Israel yang tidak meledak untuk dijadikan bahan peledak dan komponen lainnya menambah rantai pasokan Hamas, tulis Alkhatib.

“Operasi IDF secara tidak langsung memberi Hamas materi yang diawasi secara ketat atau dilarang sama sekali di Gaza,” tulisnya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image