Jejak Kiai Sadrach, Penginjil Pertama di Kalangan Pribumi Jawa (bagian 1)

Agama  

Jadi meski Purworejo sebuah kota ini mungil yang tersuruk di pinggar pantai selatan Jawa, wilayah ini sangat bila dikaikan dengan penyebaran agama Kristiani di Jawa. Apalagi daerah ini hingga Banyumas yakni sampai Sungai Serayu, merupakan daerah gerilya Pangeran Diponegoro. Otomatis kekuatan pengaruh santri sangat kuat di sini sebab wilayah ini adalah tempat pemukiman para pengikut Pangeran Diponegoro yang meletupkan perjuangan jihad melawan kolonial Belanda.

Para pengikut Diponegoro tersebar di sini sangat banyak. Kini mereka meninggalkan anak keturunan mereka yang tersebebar di sekujur wilayah selatan Jawa Tengah itu, termasuk Purworejo. Banyaj di antara mereka kemudian mendirikan masjid dan kompleks pesantren yang lestari hingga kini.

Namun, di samping terimbas perang Jawa pada tahun 1825-1830, Purworejo mempunyai sejarah yang sangat penting bagii penyebaran agama Kristen di Jawa. Di sinilah ada sosok penginjil pertama di Jawa yang bernama Kiai Sadrach. Berkat dialah untuk pertama kalinya ada penyebar agama Kristen yaang mampu membaptis orang Jawa secara massal. Berkat dialah agama Kristen mulai tersebar secara masif.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image