Pandangan Media Asing Mengenai Bagaimana Islam Begitu Mendominasi Batin Rakyat Indonesia? (bag,1)

Sejarah  

Para pendakwah Isllam datang ke tempat yang kini dikenal sebagai Indonesia, dengan kapal dan perahu. Ia bepergian bersama dengan kapal rempah-rempah dan sutra.

Pedang mereka tetap berada di sarungnya, hampir tidak ada pertumpahan darah. Mereka melakukan kerja bermanfaat menyelaraskan diri dengan kekuatan-kekuatan Muslim yang sedang berkembang. Para guru atau kaum sufi juga memainkan peran penting di sini.

Indonesia menjadi negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia selama berabad-abad. Unilnya, namun para ahli masih ragu-ragu mengenai bagaimana hal ini bisa terjadi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Melihat kembali akar Islam di negara kepulauan yang luas, yang terletak di Samudera Hindia dan Pasifik, hal ini menjadi penting meskipun ada perdebatan yang sedang berlangsung mengenai apakah masyarakat Indonesia sedang menjauh dari apa yang mereka sebut sebagai versi Islam yang pluralistik.

Yang menarik tentang penyebaran ajaran Nabi Muhammad di Asia Tenggara, kajian sejarawan Dr Carool Kersten. Menututnya penyebaran agama Islam di sana adalahtidak melibatkan penaklukan, terjadi secara bertahap dan sangat lambat.

“Bukti pertama masyarakat lokal yang masuk Islam di Indonesia saat ini baru ada pada abad ke-13. Saat itulah kami menemukan bukti arkeologis yaitu batu nisan para sultan dengan nama Arab, yang menunjukkan bahwa para pemimpin setempat telah memeluk Islam,” katanya kepada TRT World.

Pasukan Muslim mulai keluar dari tanah Arab pada abad ke-8 - mereka menguasai Spanyol pada tahun 720-an dan komandan militer muda yang terkenal, Muhammad Bin Qasim, baru saja menginvasi Sindh dan Multan, di wilayah yang sekarang disebut Pakistan, beberapa tahun kemudian. lebih awal.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image