Pandangan Media Asing Mengenai Bagaimana Islam Begitu Mendominasi Batin Rakyat Indonesia? (bag,1)

Sejarah  

Apa yang berubah pada abad ke-13?

Gujarat terkenal dengan para pedagang dan pengusaha yang berani mengambil risiko dan tidak segan-segan melakukan perjalanan ke daerah yang jauh untuk mencari penghidupan. Di antara mereka banyak yang beragama Islam.

Jalur perdagangan telah berperan penting dalam penyebaran Islam. Misalnya, ada komunitas besar Arab Hadrami dari Yaman di Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Umat Islam asal Tiongkok juga meninggalkan jejak. Laksamana Muslim Tiongkok abad ke-15, Cheng Ho, sering dianggap membantu menyebarkan Islam di pulau Jawa, Indonesia.

“Selalu menggoda untuk berasumsi bahwa para pedaganglah yang membawa Islam. Namun Anda perlu berhati-hati di sini. Jalur perdagangan mungkin digunakan sebagai saluran tetapi pedagang adalah pengusaha, mereka bukan penyebar atau misionaris agama,” kata Dr. Kersten.

Sebuah teori alternatif menyatakan bahwa orang-orang yang tergabung dalam tarekat sufi mungkin menempuh rute yang sama dan membantu menyebarkan Islam di wilayah tersebut. Islam Tradisional – yang dipraktikkan di wilayah tersebut – lebih mirip dengan sekte mistik Barelvi yang lazim di Pakistan dan India.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image