Israel Negara Teroris: Amerika Serikat dan Media Barat Dikategorikan Sebagai Pendukungnya

Politik  
Bukti Israel sebagai negera teroris terlihat jelasa pada kepulan asap yang menmbumbung tinggi ke udara saat militernya  melakukan pengeboman midi Jalur Gaza utara, Palestina, 15 November 2023. 
Bukti Israel sebagai negera teroris terlihat jelasa pada kepulan asap yang menmbumbung tinggi ke udara saat militernya melakukan pengeboman midi Jalur Gaza utara, Palestina, 15 November 2023.

Oleh: Dr. Al Chaidar Abdurrahman Puteh, Dosen pada Departemen Antropologi, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh

Terorisme, dilihat dari perspektif aktor (pelaku) terdiri dari dua jenis: terorisme non-negara atau non-state actor terrorism, dan terorisme negara (state-terrorism). Tulisan ini membahas terorisme negara berdasarkan referensi keilmuan terbaru.

Terorisme negara adalah bentuk kekerasan yang dilakukan oleh negara atau agen-agen negara terhadap warga sipil atau kelompok-kelompok non-negara dengan tujuan politik, ideologis, atau agama.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga: Israel Negara Teroris: Amerika Serikat dan Media Barat Dikategorikan Sebagai Pendukungnya. https://algebra.republika.co.id/posts/262035/israel-negara-teroris-amerika-serikat-dan-media-barat-dikategorikan-sebagai-pendukungnya

Terorisme non-negara adalah bentuk kekerasan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok non-negara terhadap negara atau warga sipil dengan tujuan yang sama.

Kedua jenis terorisme ini berbeda dalam hal pelaku, sasaran, dan cara bertindak, namun sama-sama melanggar hak asasi manusia dan hukum internasional (Silke, 2018: 66).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image