Israel Negara Teroris: Amerika Serikat dan Media Barat Dikategorikan Sebagai Pendukungnya

Politik  

Peristiwa Bom Bli itu ilkukan oleh jaringan teorisme internasioal, jemaah Islamiyah.
Peristiwa Bom Bli itu ilkukan oleh jaringan teorisme internasioal, jemaah Islamiyah.

Terorisme negara dapat berupa pembunuhan, penyiksaan, penangkapan sewenang-wenang, penghilangan paksa, pembantaian, genosida, atau penggunaan senjata pemusnah massal.

Terorisme negara juga dapat melibatkan dukungan, bantuan, atau sponsor terhadap kelompok-kelompok teroris non-negara yang bertindak sebagai proxy atau surrogat negara (Terry, 1980: 95).

Terorisme negara sering kali dilakukan dengan dalih melindungi keamanan nasional, mempertahankan kedaulatan, atau memerangi terorisme (Jackson, 2008: 378).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun, terorisme negara sebenarnya bertujuan untuk menakut-nakuti, menekan, atau menghancurkan lawan-lawan politik, etnis, agama, atau sosial yang dianggap sebagai ancaman bagi kekuasaan negara (Berman dan Clark, 1981: 532).

Terorisme non-negara adalah terorisme yang dilakukan oleh kelompok subnasional yang bermotif politik dan menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan terhadap sasaran non kombatan untuk memengaruhi audien atau pemerintah.

Terorisme non-negara berbeda dengan terorisme negara yang melibatkan agen negara atau pemerintah dalam melakukan atau mendukung tindakan teror. Contoh terorisme non-negara adalah terorisme yang dilakukan oleh kelompok separatis, ekstremis, atau radikal yang berdasarkan agama, ideologi, atau etnis.

Salah satu definisi terorisme non-negara yang dikutip dari referensi yang diberikan adalah sebagai berikut:

"Terorisme internasional adalah terorisme yang melibatkan warga negara atau wilayah lebih dari satu negara. Terorisme internasional biasanya dilakukan oleh kelompok-kelompok non-negara yang memiliki agenda politik, agama, atau ideologis tertentu dan menggunakan kekerasan sebagai sarana untuk mencapai tujuan mereka." (Silke, 2018: 67)

Contoh terorisme internasional yang dilakukan oleh kelompok non-negara adalah serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat oleh al-Qaeda, serangan bom Bali 2002 oleh Jemaah Islamiyah, dan serangan Paris 2015 oleh Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image