Keabadian Berita Kepada Kawan Ebiet: Dari Malioboro, Bencana Sinila, Hingga Debat Pilpres

Musik  
Sampul kaset album Camelia II Ebiet G Ade. Lagu berita kepada kawan ada di side A pada urutan pertama.
Sampul kaset album Camelia II Ebiet G Ade. Lagu berita kepada kawan ada di side A pada urutan pertama.

Mungkin ini takdir lagu Berita Kepada Kawan karya Ebiet G Ade abadi. Lagu yang ditulis untuk merenungi bencana kawah beracun Sinila di kawasan pegunungan Dieng pada tahun 1979 terus terasa konstektual karena tiba-tiba disebut dalam dewat calon wakil presiden 2024 semalam.

Ebiet yang kala itu anak camat di daerah itu bertanya keras mengenaii kejadian bencana yang menimoa kampungnya. Ebiet merenung dalam kamar sempit di kostnya yang ada di bilangan Kampung Kadipaten Kulon Yogyakarta.

''Saya waktu itu kost di Yogyakarta. Hanya bisa baca di koran tentang kejadian di Sinila. Memikirkan ayah dan kampung saya itu. Dan saya tak bisa pulang lalu setelah itu saya ambil gitar dan menyanyikan lirik lagu yang saya tulis. Padahal kala itu saya baru belajar menulis lagu,'' kata Ebit dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Memang Lagu Berita Kepada Kawan yang ada di album Camelia II hits luar biasa. DI bus kota Jakarta lagu itu menjadi lagu wajib yang sealau diputar untuk menemani perjalanan penumpang. Majalah Tempo pun membuat laporan khusus dan menampilkan gambar Ebiet sebagai sampulnya sembari menamakan Ebiet sebagai penyanyi bertutur.


Lagu berita kepada kawan memang menyimpan dari kelaziman musik Indonesia saat itu yang penuh cinta platonis dan meratap-ratap (sampai sekarang). Selian lirik dan dentingan piano Dodo Zakaria yang yahud juga menjadi ciri khasnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image