Tanda Tanya Nasib Tank Merkava Pada Perang Gaza

Politik  

Ini adalah batasan umum dari rekaman pertempuran yang dirilis oleh Hamas—yang menunjukkan serangan yang menghantam tank Israel dan pengangkut personel lapis baja (APC), namun tidak ada gambar setelahnya yang mengkonfirmasi tingkat kerusakannya.

Lagi pula, serangan yang dikalahkan oleh armor masih menghasilkan ledakan yang mencolok disertai puing-puing, asap, dan terkadang bahkan kebakaran kecil di luar.

Namun jika sebuah tangki benar-benar hancur, kita dapat mengamati kru yang keluar, permukaannya melengkung atau terfragmentasi, tangki tersebut meledak menjadi api yang terus-menerus, atau asap terus-menerus keluar dari kebakaran atau ledakan internal. (Serangan yang tidak menembus terkadang dapat menonaktifkan sensor, senjata, atau lintasan kendaraan, sehingga berpotensi menyebabkan kendaraan tidak dapat menjalankan misinya sampai diperbaiki.)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain itu, lapis baja reaktif eksplosif dan sistem perlindungan aktif Trophy yang melindungi tank-tank Israel menghasilkan kilatan ledakan tersendiri ketika mencegat serangan masuk. Lihat, misalnya, intersepsi Piala yang terekam dalam video di bawah ini pada menit ke-30. Perhatikan bahwa tank sudut pandang ini juga dilengkapi dengan ‘sangkar penahan’ untuk melindungi dari granat yang dijatuhkan drone.

Dapat dimengerti jika penyergap anti-tank mundur setelah menembak untuk menghindari tembakan balasan, namun tanpa gambaran status kendaraan setelah ledakan, tidak banyak yang dapat disimpulkan. Oleh karena itu, rekaman drone yang dirilis oleh militer Rusia dan Ukraina sering kali menunjukkan status kendaraan pasca serangan.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah melaporkan 33 tentara tewas dalam aksi pada 8 November. Ini termasuk komandan Batalyon Tank ke-53 Israel (Brigade ke-188), dan seorang Arab Druze Israel bernama Letkol Salman Habaka.

Blog Armada Rotta, yang berupaya menghitung kerugian kendaraan pada bulan Oktober berdasarkan bukti visual, memperkirakan ada bukti kehancuran setidaknya empat tank Merkava.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image