Nikmat dan Murahnya Menyantap Hidangan Ramadhan di Dekat Istana Topkapi Istambul

Ekonomi  

Keindahan selat Bhospuras di kala senja yang bisa dinikamti dari dalam restoran publik.
Keindahan selat Bhospuras di kala senja yang bisa dinikamti dari dalam restoran publik.

Keriuhan restoran publik yang tak jauh dari Istana Topkapi ini sangat terasa setiap kali bulan Ramadhan tiba. Di setiap sore dapat dipastkan seluruh kursi sudah habis dipesan.

Akibatnya, kalau pengin punya atau mengadakan ‘iftar’ di salah satu dari kelima restoran yang ada di pinggir selat Bhospuras itu pada bulan Ramadhan, dua bulan sebelumnya mereka kursi harus sudah memsesan jatah kursi. Bila tanpa memesan tempat itu, maka dipastikan tak akan mendapat kesempatan bisa bersantap sembari bercengkerama di sana di saat buka puasa.

Baca juga: Misionaris Kristen di Istambul Pada Ramadhan di Otttoman: Adzan Bergemuruh di Sepanjang Air (bag 2)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Warga Istanbul Sulaiman menceritakan, momentum buka puasa memang selalu ditunggu-tunggi oleh Muslim Turki. Apalagi lazimnya mereka berpuasa cukup panjang, yakni bisa menjalankan puasa lebih panjang, yakni mencapai 18 jam. Ini biasanya terjadi manakala bulan puasa tiba bersamaan dengan datangnya musim panas.

‘’Ini akan berbeda kalau Ramadhan tiba di musim dingin. Saat itu waktu siang lebih singkat, dan kami pun puasa lebih singkat karena waktu malamnya lebih panjang. Tahun lalu kami sahur pukul 03.00 dini hari dan buka puasa di pukul 21.00. Maka kami akan antre dengan memesan kursi lebih dulu. Kerapkali pesan tempat di sana sampai tiba bulan sebelum Ramadhan tiba,’’ ujarnya.

Alhasil, di antara kesemarakan bulan suci Ramadhan di Turki, salah satu contohnya di masa kini terdapat pada begitu banyaknya acara buka puasa bersama yang digelar di sana.

‘’Semua warga Istanbul tahu bila sepanjang bulan Ramadhan semua kursi di restoran itu untuk buka puasa selalu sudah habis terpesan, bahkan hingga Idul Fitri tiba. Mereka tak bisa menikmati hidangan dan keindagan tempat itu secara mendadaj,’’ kata Sulaiman seraya mengakui bila ‘restoran publik’ itu maksudnya restoran yang diberi subsidi oleh pemerintah sehingga harganya murah dan terjangkau seluruh rakyat.

''Meski tarifnya murah, kualitas layanan dan jenis makanannya sama dengan restoran mewah. Jadi yang beda cuma harga makanannya yang hanya seperempat dari ‘restoran swasta’ yang ada di tempat itu," ujarnya lagi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image