Siapa Sesungguhnya yang Dipelihara oleh Negara?

Ekonomi  

Pulang dari suatu kegiatan, di persimpangan jalan, saat menunggu lampu merah berakhir, aku menatap di sisi kiri seorang ibu yang sedang menarik gerobak. Ia tampak begitu kepayahan dan sesekali berhenti mengambil napas. Saat dekat di arahku, aku bisa melihat ke dalam gerobak itu. Di gerobak itu ada tumpukan pakaian lusuh, kardus dan karton. Di atas tumpukan itu seorang bocah perempuan tampak terlelap. Aku menatap termangu.

Sebelumnya, aku juga kerap mengamati banyaknya pengemis, pengamen jalanan, orang-orang berpakaian badut dan kaum fakir miskin lainnya. Itu nyata di depan mata kita. Mereka ada dan lalu-lalang di sekitar kita. Keberadaan mereka sama banyaknya dengan seliweran tampilan kemewahan para jetset negeri ini, yang tanpa malu-malu terus "nongol" di berbagai media sosial.

Tiba-tiba aku teringat pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dulu. Salah satunya tentang fakir miskin yang tertera dalam Undang-Undang Dasar 1945. Dalam pasal 34 disebutkan: "Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara".

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dipelihara? Betulkah dipelihara? Mengapa masih banyak yang hingga kini bergelimangan di jalan dan pojok-pojok kota hingga pelosok desa? Jika pertumbuhan ekonomi kita memang baik, siapakah yang sebenarnya menikmati? Lalu siapakah yang menaungi dan memperhatikan sekian puluh juta mulut menganga dan perut kosong keroncongan para pengemis, fakir, manusia gerobak, gelandangan dan kaum papa lainnya?

Ah aku kembali termangu. Sayup-sayup kudengar bisikan itu: "Yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin". Ternyata apa yang dikatakan Percy Bysshe Shelley dalam esainya "A Defence of Poetry" pada tahun 1821 itu masih kutemui hingga kini.

1 April 2024

---------

Sumber data:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/30/kesenjangan-ekonomi-di-ri-tidak-banyak-berubah-sejak-20-tahun-lalu

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image