LBGT di Masa HIndia Belanda: Roti Hijau dan Kisah Penangkapan Kaum Gay

Sejarah  

Menulari Pribumi

Pertanyaan berikut adalah dengan siapa kaum gay berhubungan seks? Biasanya dengan anak-anak pribumi dan Indo-Eropa berusia 16 sampai 20 tahun. Kontak seksuak dengan anak laki-laki di bawah 15 tahun hampir tidak ada.

Anak-anak pribumi dan Indo-Eropa yang bersedia menjadi pasangan mesum tetap diberi bayaran, penghidupan layak, dan fasilitas lain. Ada pula sekelompok kecil pribumi yang menjajakan diri dari rumah ke rumah orang Eropa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Serdadu KNIL yang bergaji rendah tapi berkebutuhan besar juga terlibat dalam praktek menjajakan diri untuk kaum gay Eropa dan Belanda. Lainnya adalah transgender, atau bencong, pribumi.

Di mana pelacur lanang ini beroperasi? Di Batavia, mereka mangkal di sekitar Molenvliet -- kini Jl Gajah Mada dan Hayam Wuruk -- dan sekitar Koningsplein, kini Jl Medan Merdeka. Di Surabaya, mereka mangkal di sekitar Kali Mas.

Milisi KNIL yang bukan pelacur profesiaonal dan sesekali menawarkan jasa beroperasi di Wilhelmina Park, di depan Gereja Katedral. Rekan mereka yang bertugas di Bandung dan Surabaya lebih aktif menjajakan diri.

Selain tempat mangkal terbuka, ada sejumlah tempat pertemuan kontak, yaitu di Kramaplein, persimpangan Jl Raya Kramat saat ini, dan benteng lama Nordwijk di Weltevreden atau Sawah Besar, Jakarta Pusat saat ini.

Ada cerita tentang kaum gay Eropa yang membawa pacar mereka yang pribumi ke rumah mereka dan mempekerjakannya sebagai djongos, atau pembantu rumah tangga. Pacar pribumi sedikit berpendidikan diberi pekerjaan sebagai sekretaris, juru tulis, dan lainnya.

Menjadi pacar kaum gay Eropa membuka peluang bagi pribumi untuk mendapat pendidikan Belanda. Ada pula yang dibawa sampai ke Belanda, dan diterima oleh keluarga kaum gay sebagai menantu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image