Bagaimana Israel menemukan, memetakan, mengambil dan menjaga terowongan Gaza?

Politik  

Bertahan di dalam terowongan

Untuk tujuan praktis, semuanya telah dianalisis sejauh ini dengan asumsi tidak ada perlawanan di terowongan. Hal ini sama sekali tidak realistis: Hamas sudah pasti bersiap untuk melakukan perlawanan sengit.

Sebagian besar terowongan mungkin dilengkapi jebakan dengan alat peledak improvisasi (IED) yang telah ditempatkan sebelumnya. Detonator tersebut dapat dihubungkan ke detonator jarak jauh, namun juga dapat dipicu oleh detonator khusus yang bereaksi terhadap cahaya, getaran, kebisingan, gerakan, dan bahkan peningkatan konsentrasi karbon dioksida saat ada manusia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Terowongan tersebut dipenuhi kabel dan kabel yang mengalirkan listrik, internet, telepon, dan jalur militer. Hamas mungkin memiliki alat observasi dan pendeteksi yang memungkinkan mereka mengetahui di mana orang-orang Israel berada sehingga mereka dapat meledakkan bom dari jarak jauh tepat di tempat tersebut.

Warga Israel tidak bisa begitu saja memotong semua kabel karena, seperti di film, beberapa detonator mungkin akan terpicu ketika pasokan listrik terputus. Seperti yang diketahui oleh semua orang yang mempunyai hubungan dengan pertambangan, ledakan di terowongan terbatas jauh lebih mematikan dibandingkan di permukaan. Mereka menyebar lebih jauh dan menyedot oksigen sehingga mereka yang selamat dari ledakan awal sering kali mati lemas.

Hamas juga dapat menyalakan senyawa pembakar yang menghilangkan oksigen bagi penghuninya dan menyebar sebagai api berkecepatan tinggi atau menghasilkan asap tebal yang seringkali beracun. Hal ini akan menjaga sebagian besar terowongan tidak rusak, sehingga memungkinkan para pejuang Palestina untuk menggunakannya setelah mereka memaksa musuh keluar.

Musang hampir pasti memiliki alat bantu pernapasan, namun penggunaan masker dan tangki udara yang rumit membuat komunikasi dan pertempuran menjadi lebih sulit.

Unit artileri bergerak Israel terlihat di posisi dekat perbatasan Israel-Gaza, Israel, Sabtu, 28 Oktober 2023. Israel pada hari Sabtu memperluas operasi daratnya di Gaza dengan infanteri dan kendaraan lapis baja yang didukung oleh serangan "besar-besaran" dari udara dan laut, termasuk pemboman terowongan Hamas, yang merupakan target utama dalam kampanyenya untuk menghancurkan kelompok penguasa di wilayah tersebut setelah serangan berdarah mereka di Israel tiga minggu lalu.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image