Iran dan Metafora Setan Besar Amerika..!

Politik  

Hampir tidak ada ungkapan yang lebih tajam kepada Amerika Serikat selain sebutan “Setan Besar” ketika pemerintah Iran dimulai yakni seusai terhadi Revolusi Iran dengan pualngnya mendiang Ayatollah Khomeini dari pengasingannya di Paris.

Khoemeini pada awal masa Iran di bawah pemerintah rezim Republik Islam Iran, menggunakan metafora 'Setan Besar' sebagai nama sandi untuk Amerika Serikat. Tapi apa sebenarnya maksudnya? Apa maksudnya misalnya ketika saat ini, Khamenei, pemimpin tertinggi Iran, mengutip Khomeini, pendiri Republik Islam, dan menyebut AS juga sebagai “Setan Besar”?

Bila dilihat dari sejarah, Khomeini mulai menggunakan ungkapan tersebut segera setelah Revolusi Iran (1977-1979). Metafora ini menjadi sangat penting selama krisis penyanderaan di Iran (1979-1981) dan tetap menjadi landasan ideologi yang berkuasa dalam kurun selama empat dekade terakhir.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pengulangan frasa ini oleh Khamenei dalam bahasa Persia baru-baru ini adalah kesempatan terbaik untuk memikirkan frasa tersebut dan bertanya apa maknanya.

Dalam khotbah yang disampaikan kepada sekelompok besar pengunjung di Teheran beberapa tahun silam, Khamenei memulai dengan menyambut para pendengarnya dari seluruh negeri dengan pembacaan Al-Quran yang benar. Dia memberi mereka peringatan singkat tentang kewajiban agama mereka selama bulan ini dalam kalender Islam. dan kemudian dengan cepat mengalihkan perhatiannya ke kalender Iran dan bulan Shahrivar (Agustus-September).

Kala itu Khamenei mengingatkan para pendengarnya tentang sejumlah peristiwa penting, di masa lalu dan masa kini, yaitu kekejaman monarki Pahlavi, pengkhianatan Mujahidin-e-Khalq (MEK), dan Saddam Hussein. Dia mengatakan semuanya mendapat dukungan aktif dari AS.

Sebagai metafora mutlak dari musuh, ‘Setan Besar’ tertanam di Republik Islam.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image