Pandangan dari Australia: Militer Indonesia Kembali ke Birokrasi, Kembalinya Dwi Fungsi?

Politik  

Pertanyaan tentang integritas pemilu pada tahun 2024

Agar demokrasi dapat berfungsi, proses pemilu yang netral dan bebas dari pengaruh luar merupakan hal yang sangat penting. Mempertahankan netralitas ini, terutama di pihak lembaga-lembaga penting seperti kepolisian dan angkatan bersenjata, akan menjamin kredibilitas pemilu dan legitimasi hasil pemilu.

Namun, sistem komando teritorial tentara Indonesia meluas hingga ke desa-desa terpencil – jangkauan tentara Indonesia yang luas juga dapat menjadi alat yang ampuh pada saat pemilu jika seorang kandidat bersedia dan mampu menggunakannya untuk keuntungan politik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Waktu perubahan UU ASN – yang menjelang pemilu – sangatlah memprihatinkan. Hal ini mempertanyakan motivasi undang-undang tersebut dan menimbulkan pertanyaan apakah undang-undang tersebut dapat digunakan untuk mempengaruhi proses pemilu.

Perubahan tersebut tidak diragukan lagi menguntungkan Prabowo Subianto, yang merupakan mantan Jenderal dan Menteri Pertahanan saat ini. Dia mempunyai koneksi dengan seluruh angkatan bersenjata Indonesia dan mengetahui cara kerjanya.

Perubahan ini juga menjadi pertanda baik bagi Jokowi, yang putranya, Gibran Rakabuming Raka, baru-baru ini diumumkan sebagai calon wakil presiden Prabowo. Dan yang penting, pada tanggal 1 November, Jokowi juga menunjuk seorang loyalis utama, Jenderal Agus Subiyanto, sebagai panglima angkatan bersenjata Indonesia.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image