Hayo Siapa yang Tertarik Dongengan Lakon Wayang Petruk Jadi Raja?

Budaya  

Soal sosok para punakawan ini ketika melihat koleksi musemum di Pakistan di sana Semar, Gareng, Petruk dan Bagong dikategorikan sebagai ‘boneka yang lucu’. Koleksi ini berada dalam etalase kaca museum negara Pakistan, yakni di Islamabad.

Meski berbentuk aneh sosok semar itu raja para dewa. Posisinya hanya satu tingkat dari ‘Sang Hang Wenang’. Sejatinya pangkat dia lebih tinggi dari penguasa jongring salaka atau Kahyangan, yakni Batara Ismaya (Bathara Guru). Tak terlalu berbeda dengan kisah Nabi Adam yang turun ke bumi, Semar pun begitu.

Bedanya kalau Adam turun ke bumi karena malan buah khuldi yang ditawarkan Hawa, Semar turun ke bumi karena dihukum akibat berebut sebagai penguasa dunia dengan berkelahi dengan adiknya Togok Tejomatri. Sama dengan Adam, Semar juga ‘sosok usiran’ dari surga.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lalu Gareng adalah anak semar yang cacat tubuhnya. Tangannya bengkok, kakinya bejik (atau kecil satu) sehingga jalannya timpang. Tubuhnya kecil, kalau sekarang bisa disebuit gareng itu anak yang terkena stunting.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image