Armenia dan Pembebasan Palestina: Dari Kim Kadarshian, Sampai Yasser Arafat (Bag 1)

Sejarah  

Namun ada sederetan fakta menarik tentang Armenia, rupanya Armenia merupakan bangsa pertama di dunia yang menganut agama Kristen tepatnya pada 301 M & juga merupakan bangsa yang konsisten membela kemerdekaan Palestina, serta terlibat aktif dalam gerakan nasionalisme Arab dan Pan-Arabisme.

Syahdan Yasser Arafat, Sang Bapak Bangsa Palestina saja terang-terangan mendukung Armenia dalam perang melawan Azerbaijan. Azerbaijan dengan Armenia terlibat Perang Nagorno Karabakh I (1988 – 1994), untuk memperebutkan wilayah otonom Nagorno Karabakh yang menjadi wilayah Azerbaijan sejak zaman Uni Soviet.

Etnis Armenia yang mendiami wilayah itu, menginginkan bergabung dengan Armenia dan tidak menghendaki bergabung dengan Azerbaijan, sehingga pecah perang etnis. Perang ini dimenangkan oleh Armenia, karena Armenia dibantu oleh Rusia yang saat itu dipimpin oleh Presiden Boris Yeltsin. Rusia mengirimkan pasukan dan mempersenjatai Armenia, walhasil Azerbaijan pun kalah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Orang-orang Armenia yang mendiami wilayah Nagorno-Karabakh, mendeklarasikan kemerdekaan dengan nama “Republik Artsakh.” Orang-orang Armenia yang mendiami Nagorno-Karabakh mengusir etnis Azerbaijan dari wilayah Nagorno-Karabakh.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image