Kasus La Galigo: Agama itu Tak Hilang, Tapi Berubah Menjadi Sastra?

Budaya  

La Galigo ini masuk dalam jenis genre sastra apa?

Dari yang kita telusuri, ia termasuk dalam genre epic poetry. Ini memang satu jenis novel yang banyak mengilhami cara menulis sastra kuno di zaman dulu.

Ini genre yang berupa puisi naratif yang sangat panjang sekali, ratusan halaman. Ia genre kisah kepahlawanan yang luar biasa, tokoh-tokoh yang maha perkasa, yang menaklukkan banyak hal, yang melindungi banyak hal.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Epic Poetry juga menyampaikan banyak sekali pesan-pesan moral yang menjadi panduan publiknya.

Dalam genre ini, tokoh pahlawan itu dikisahkan acapkali memiliki hubungan dengan dunia dewa-dewi. Itu karena memang umumnya sastra di era ini ditulis ketika level kesadaran manusia berada pada level mitologi.

Epic poetry umumnya menceritakan narasi, asal-usul manusia. Ia juga menceritakan identitas awal dari lahirnya sebuah bangsa.

Contoh besar epic poetry adalah "Epic of Gilgamesh". Ia dianggap sastra tertua yang pernah ditemukan. Gilgamesh berasal dari Mesopotamia, 4000 tahun yang lalu.

Di dalam Epic of Gilgamesh ada banyak kisah yang juga mitologi. Misalnya kisah manusia pertama, dan kisah banjir besar.

Epic of Gilgamesh sastra yang sudah hadir jauh sebelum lahirnya kitab-kitab suci agama Ibrahim. Ia sudah ada jauh sebelum Qur’an, jauh sebelum Bible, bahkan jauh sebelum Taurat.

Taurat yang paling tua sekali pun lahir 3.000 tahun yang lalu. Sementara Gilgamesh sudah ada 1.000 tahun sebelum Taurat itu ditulis.

Banyak kisah di Epic of Gilgamesh dianggap mengilhami kisah Adam dan Hawa, kisah Nabi Nuh. Kenapa dianggap mengilhami?

Banyak sekali kesamaan antara kisah-kisah Adam dan Hawa, dan kisah Nabi Nuh dengan kisah-kisah yang ada dalam Epic of Gilgamesh.

Dan kita tahu Epic of Gilgamesh ini sudah hadir 1000 tahun sebelum datangnya Taurat, 1.500 tahun sebelum datangnya Bible, dan 2.000 tahun lebih sebelum datangnya Al Qur’an.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image