Pemilu dan Politik Membelah, Puisi Menyatukan Kembali

Sastra  
Para penulis SATUPENA berbuka puasa bersama seusai pemilu. Setelah kelelahan dipecah oleh politik, mereka merasa disatukan ketiba berbicara mengenai puisi.
Para penulis SATUPENA berbuka puasa bersama seusai pemilu. Setelah kelelahan dipecah oleh politik, mereka merasa disatukan ketiba berbicara mengenai puisi.

Oleh: Swary Utami Dewi, Penulis dan Pengamat Sosial Politik.

Politik membelah dan puisi menyatukan. Itu salah satu yang dinyatakan oleh Bang Denny JA, Ketua Umum Satupena, serta Bang Nasir Tamara, Ketua Dewan Penasihat Satupena. Adagium itu mereka nyatakan di acara Buka Bersama yang diselenggarakan oleh Satupena dan Komunitas Puisi Esai di satu restoran di Polonia, Jakarta Timur, pada 16 Maret 2024.

Politik membelah? Tidak perlu disebut apa yang terjadi sebelumnya. Yang jelas, proses pemilu memang menimbulkan dinamika pada kawan yang berbeda pandangan, pilihan dan tindakan. Ada rasa buncah "kebahagiaan" di satu sisi disertai kritik pedas sepedas-sepedasnya -- yang mungkin terus berlanjut sampai beberapa waktu mendatang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ada pula rasa gemas dan cemas menanti dan melihat perkembangan negeri ini. Masing-masing berpikir, bersikap dan bertindak sesuai pilihan dan kenyamanan. Ya...dinamika itu ada. Tapi rata-rata itu tidak menyiratkan kebencian atau ketidaksukaan pada orang per orang secara personal. Yang ditentang adalah ide dan gagasan.

Karena gagasan pula maka buka puasa itu hadir. Gagasan untuk memberi oase pada semua; Gagasan untuk meninggalkan sejenak gonjang-ganjing politik -- yang saya yakin pasti akan berlanjut untuk tujuan menjaga kebaikan negeri. Ide ini disambut baik oleh lebih dari seratus sahabat Satupena, Komunitas Puisi Esai dan jaringannya, yang hadir dalam acara buka bersama tersebut.

Kegiatan ini sendiri dikemas secara spesial dalam bentuk tadarus puisi. Seorang kawan sempat bertanya, mengapa tadarus puisi? Bukan Al-Qur'an? Pertanyaan itu tidak salah. Dalam pengertian umum, tadarus adalah membaca dan mempelajari ayat-ayat Al-Qur'an secara bersama-sama dan bergantian. Sementara, ini adalah tadarus puisi. Bisa jadi ini dipandang"anomali". Tapi secara positif bisa pula dilihat sebagai inovasi.

Dalam tadarus puisi tersebut bergantian beberapa senior dan kawan membacakan puisi. Hadirin menyimak seksama -- dan saya yakin, semua bisa menarik makna mendalam dari puisi-puisi yang tersaji di sini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image