Mengapa Iran Percaya Diri Menyerang Israel?

Politik  

Dalam pengamatan saya, kekuatan utama Iran tidak terletak pada kecanggihan teknologi militernya. Secara teknologi militer, Iran masih kalah jauh dari Amerika Serikat, Rusia, dan Cina. Bahkan masih di bawah beberapa negara Eropa anggota NATO seperti Inggris dan Francis.

Andalan utama Iran terletak pada sumberdaya manusia yang mereka miliki. Itu hasil amatan saya terhadap Iran dari dekat, setelah mengunjungi negara itu beberapa kali dan tinggal di sana beberapa bulan. Sumberdaya manusia Iran bisa diuraikan dalam beberapa aspek.

Pertama, Iran memiliki para pemimpin spiritual dari kaum sufis. Bukan hanya Ayatollah Ali Khamenei, semua anggota Majlis Ahli Kepemimpinan mereka berjumlah 88 orang adalah kaum sufi. Dipilih oleh rakyat 8 tahun sekali dari para sarjana yang memenuhi kualifikasi mujtahid dan akhlak ulama sufi. Posisi Ayatollah Ali Khamenei dan 88 orang begitu penting karena mereka lah yang menentukan keputusan-keputusan strategis negara. Para spiritualis ini punya kekuasaan tertinggi di negara itu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image