Mengapa Iran Percaya Diri Menyerang Israel?

Politik  

Kedua, para ulama mengendalikan Pashdaran yang sangat berpengalaman dalam perang dan setia. Pashdaran itu istilah persia untuk Korp Garda Revolusi Islam. Para pemimpin Garda Revolusi di Iran itu dipilih dari anak-anak rakyat jelata yang militan dan ditempa ilmu kemiliterannya dalam perang Irak-Iran selama 8 tahun. Setelah itu, mereka ditempa oleh perang Suriah selama 10 tahun dan belajar dari perang Yaman selama 9 tahun. Mereka sudah sangat berpengalaman memenangkan perang.

Ketiga, Iran memiliki 10 juta Basij. Itu adalah relawan rakyat yang sangat ideologis dan militan. 10 juta Basij artinya, 1 dari 8 rakyat Iran adalah anggota Basij, yang terorganisir dengan baik dan mengendalikan kekuatan rakyat secara penuh. Jika rakyat Iran mudah disusupi musuh-musuh mereka, seberapa pun kuat militernya tidak akan banyak berguna. Kekuatan Basij ini adalah kunci konsolidasi kekuatan rakyat Iran.

Keempat, Iran memiliki jaringan poros perlawanan (axis of resistance) di 9 negara tetangganya. Kekuatan Iran harus dilihat menyeluruh di luar negara Iran. Poros perlawanan yang selalu setia membela Iran tersebar luas dari Pakistan hingga Yaman.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image