40 Tahun Perang Malvinas: Dari Obsesi Galtieri Sampai Pidato Retoris Diego Maradona

Sejarah  

Pertempuran Tangan Kosong

Kini, Inggris leluasa menyerang Port Stanley. Namun, pilot Argentina Roberto Kurilovich menenggelamkan kapal angkut Atlantic Conveyor bersama helikopter yang diangkutnya. Akibatnya, pasukan Inggris harus berjalan kaki.

Argentina mencapai kesuksesan nyata dengan serangan udara yang menewaskan 56 tentara Inggris dan menghancurkan salah satu kapal pendarat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pilot Argentina memperlihatkan kualitas brilian dan trampil, tapi ibu dari segala perang adalah pertempuran darat. Pilot Argentina tidak bisa apa-apa ketika Inggris menguasai daratan.

Pada 11 Juni, rentetan tembakan howitzer, mortir, rudal anti-tank, dan artileri angkatan laut, menghujani semua posisi Argentina di Port Stanley. Dataran tinggi sekitar kota direbut lewat pertempuran brutal, termasuk pertempuran tangan kosong,

Sebenarnya ini adalah kudeta. Inggris menghancurkan peralatan dan senjata Argentina. Yang dimiliki Argentina hanya satu, yaitu keberanian. Itulah yang membuat mereka bertahan sampai 14 Juni.

Ketika ribuan tentara Argentina meletakan senjata, tidak ada alasan bagi Inggris untuk tidak menghormati keberanian lawannya.

Janderal Menendez, yang memimpin pasukan Argentina, dan bawahannya tidak punya alasan mencela diri. Mereka menyerah setelah perlawan tak lagi berguna.

Di Argentina, kabar tentang kekalahan itu hanya cerita di permukaan. Rakyat Argentina membayangkan kekalahan itu dengan kengerian dan kemarahan.

Ribuan tentara Argentina yang menjadi tawanan menunjukan apa yang sebenarnya terjadi.

Secara keseluruhan Inggris kehilangan 255 serdadu, tiga warga sipil, dua fregat, dua kapal perusak, satu kapal angkut, satu kapal pendarat, dan 34 pesawat terbang.

Argentina kehilangan 649 serdadu, setengahnya di kapal penjelajah Jenderal Belgrano, kapal penjelajah, kapal selam, empat kapan pengangkut, sekitar seratus pesawat dan helikopter. Sebanyak 11 ribu tentara ditawan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image